Pengaruh Mendengarkan Musik Spiritual Pada Kecerdasan Psikologis Anak

Liberman Hulu

Abstract


Musik adalah favorit semua orang tanpa memandang usia. Pria dan wanita dari segala usia yang menyukai musik. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil dianjurkan untuk mendengarkan musik untuk merangsang kecerdasan bayi yang dikandungnya. Musik sendiri adalah bunyi yang disusun meliputi ritme, nyanyian, timbre, dan harmoni, terutama dari bunyi-bunyian yang dihasilkan oleh alat-alat yang mampu menghasilkan irama. Musik adalah sejenis fenomena intuitif, tetapi menciptakan, meningkatkan, dan menyajikannya adalah bentuk seni. Mendengarkan musik adalah salah satu bentuk hiburan. Musik adalah fenomena yang sangat unik yang dihasilkan oleh berbagai instrumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian dengan hasil data deskriptif dari berbagai sumber dengan menggunakan teknik pengumpulan data, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, yang penulis coba jelaskan beserta fakta-fakta yang terjadi dalam berbagai situasi dan kondisi yang melatarbelakangi penulisan penelitian ini, dapat dikemukakan tujuan penelitian berikut untuk menarik kesimpulan:1. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh musik spiritual terhadap psikologi anak. 2. Sebagai penilaian untuk menentukan jenis musik apa yang didengarkan anak. Diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya para orang tua yang dapat mengkategorikan musik yang didengarkan anaknya. Penulis dapat mengambil kesimpulan dengan menetapkan tujuan penelitian sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh musik spiritual terhadap psikologi anak. 2. Sebagai penilaian untuk menentukan jenis musik apa yang didengarkan anak.

 

Music is everyone's favorite regardless of age. Both the young and the old all like music. In fact, according to research, pregnant women are advised to stimulate the intelligence of the child in the womb by listening to music. Music itself is a sound that is arranged in such a way that it contains rhythm, song, tone and harmony, especially from the sound produced from instruments that can produce rhythm. Although music is a kind of intuitive phenomenon, to create, enhance and present it is an art form. Listening to music is a form of entertainment. Music is a very unique phenomenon that can be produced by several musical instruments. This study uses a qualitative method, namely research with descriptive data results from various sources using data collection techniques, observation, and documentation. In this study, where the author has tried to provide an explanation accompanied by facts that occurred in various situations and conditions which were the background for writing this thesis to the explanation in the problem formulation, the writer can draw conclusions by setting the research objectives as follows: 1. To find out how much influence spiritual music on child psychology. 2. As an evaluation to determine the type of music that children will listen to. The results of this study are expected to be useful for readers, especially parents who are able to sort out the music their children will listen to. the writer can draw conclusions by setting the research objectives as follows: 1. To find out how much influence spiritual music has on child psychology. 2. As an evaluation to determine the type of music that children will listen to.


Keywords


pengaruh, musik spiritual, psikologi anak, influence, spiritual music, child psychology

References


Deddy Mulyana, (2010). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Rosda; Jakarta.

Devi, Sutrisna. (2006). Komunikasi bisnis. Yogyakarta: Andi.

Djohan, (2009). Psikologi Musik. Yogyakarta: Percetakan Galang Press.

Fikriyati, M. (2013). Perkembangan anak usia emas. Yogyakarta. Laras Media Prima. Goleman, D. 2009. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT. Perpustakaan Utama Gramedia.

Hidayati. N.(2016). Merangsang Kecerdasan Emosi Anak Sejak Dini. Universitas Negeri Yogyakarta. staff.uny.ac.id. 22, 10.

Hj. Mar'at, S. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung. Pt Remaja Rosdakarya.

Isnaini, DI Khotimah, N. (2013). Pengaruh Musik terhadap Kecerdasan Emosi Anak Kelompok A TK Kartika IV-9 Surabaya. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.http://server2.docfoc.com. 20, 10, 2016.

Isusilaningtyas. E. (2012). Pengaruh Musik pada Anak. Psikologi anak rumahan.Erna Isusilaningtyas di16.59 http://berandapsikologi.blogspot.co.id/2 012/09/pengaruh-musik-pada-anak-anak.html

Jumat. (1988). Panduan Mengajar Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Institusi Pendidikan.

Lexy J Moleong,(2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Liliweri, Halo. (2003). Makna Budaya dalam Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta. LKiS Yogyakarta.

Samiaji Sarosa,(2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif .PT Kanisius.

Sujana. Y. (2013). Penerapan Kegiatan Bermain Musik Untuk Meningkatkan Aspek Sosial-Emosional Anak TK Merpati Tahun Pelajaran 2013/2014. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Sarjana Kumara, 2014- Jurnal.Fkip.Uns.Ac.Id. 20, 10, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 The Messengers: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.