Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendekatan Terhadap Moral Dan Nilai-Nilai Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

Antoni Bastian, Demmalogga Demmalogga

Abstract


This article discusses Christian Religious Education (PAK) in the moral approach and values of national and state life. PAK is one of the main points of moral education and life values. Moral education and life values will be realized if PAK has begun to be embedded so that it can be applied to national and state life which is good for students. Therefore PAK is one of the supporting elements of moral and values of students' lives. Through the design of PAK material on the morals and values of national life students are taught that nationalist deeds are proof of faith as in the Bible.

 

Abstrak:

Artikel ini membahas tentang Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam pendekatan moral dan nilai-nilai kehidupan kebangsaan dan bernegara. PAK merupakan salah satu pokok utama Pendidikan moral dan nilai-nilai kehidupan. Pendidikan moral dan nilai-nilai kehidupan akan terwujud jika PAK sudah mulai tertanam sehingga dapat diaplikasikan pada kehidupan kebangsaan dan bernegara yang baik pada anak didik. Oleh sebab itu PAK merupakan salah satu unsur penunjang moral dan nilai -nilai kehidupan anak didik. Melalui desain materi PAK terhadap moral dan nilai-nilai kehidupan kebangsaan siswa diajarkan bahwa perbuatan nasionalis adalah bukti dari iman seperti dalam Alkitab.


Keywords


PAK; Moral; Life Values; Nationality and State

Full Text:

PDF

References


Antone, Hope S. Pendidikan Kristiani Kontekstual: Mempertimbangkan Realitas kemajemukan dalam Pendidikan Agama.Jakarta: BPK Gunung Mulia. 2010

Ainiyah, N.. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Al-Ulum,13 (1), 2013.

Heri, O. and Nugroho, P. Meretas Damai Di Tengah Keberagaman Mengembangkan Pendidikan Kristiani untuk Perdamaian dalam Perspektif Multikulturalisme. Gema Teologi, 38 (2), 2014.

Kosim,M. UrgensiPendidikankarakter.Karsa,IXI, 2011.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi IV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2012.

Lestyarini, B. Penumbuhan Semangat Kebangsaan Untuk Memperkuat Karakter Indonesia Melalui Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Karakter, 2 (3), 2013.

Tilaar, H.A.R. Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional .Jakarta:Grasindo. 2004.

Saragih, Erman S. Analisis Dan Makna Teologi Ketuhanan Yang Maha Esa Dalam Konteks Pluralisme Agama Di Indonesia )* 1). Teologi Cultivation. 2 (1), pp. 1–13. Available at:htp://jurnal.iakntarutung.ac.id/index.php/Jurnal-Teologi-Cultivation. 2018.

¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬_________, Penatalayanan Gereja dalam Politik Praktis. Didaskein.6, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 The Messengers: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.