Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK)

Kristian Adi Santoso

Abstract


Kreativitas peserta didik dapat dieksplorasi dan dikembangkan dalam pembelajaran PAK, apabila guru memiliki kompetensi untuk mengelola pembelajaran dengan baik dan menerapkan berbagai strategi dan model pembelajaran yang menekankan pada keterlibatan peserta didik secara aktif dalam pembeljaran. Kemampuan guru terkait dengan hal ini sangat menentukan keberhasilannya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, sehingga peserta didik akan mampu memecahkan berbagai persoalan pembelajaran PAK.

            Guru yang kompeten akan mampu menyampaikan dan mentransferkan pengetahuan dan kemampuannya kepada peserta didik dengan baik. Guru tersebut dapat membimbing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan membuat peserta didik mampu menyeleasikan persoalan-persoalan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Kompetensi guru mempengaruhi peningkatan kreativitas peserta didik dalam poembelajaran PAK.

Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dengan kreativitas dalam pembelajaran PAK. Hasil ini yang ditunjukkan melalui nilai korelasi sebesar 0,227 dengan koefisien t sebesar 2,057 yang signifikan pada α = 0,05. Hal ini berarti semakin baik kompetensi yang dimiliki dan ditampilkan guru PAK dalam melaksanakan tugas mengajar, maka akan meningkatkan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran PAK menjadi semakin tinggi.


Keywords


Kompetensi Guru, Kreatifitas Peserta Didik.

Full Text:

PDF

References


’Arikunto, Suharsimi’. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1990.

Ardianti, Sekar Dwi, Ika Ari Pratiwi, and Mohammad Kanzunnudin. “Implementasi Project Based Learning (Pjbl) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik.” Jurnal.Umk.Ac.Id, 2017. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/1225.

Arikunto, Suharsimi. “Manajemen Pengajaran: Secara Manusiawi,” 1993. http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=830.

Arsy, Indah, and Samsulrizal. “Pengaruh Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) Terhadap Kreativitas Peserta Didik.” Unimuda.e-Journal.Id, 2017. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/view/1019.

Asry, Indah, and Syamsulrizal. “Pembelajaran Berdifferensiasi: Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik.” Ejournal.Utp.Ac.Id, 2017. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/2153.

Febrianti, Yeyen, Yulia Djahir, and SIti Fatimah. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 6 Palembang.” Ejournal.Unsri.Ac.Id, 2017. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5561.

Gibson, Janice T. Psycology For The Classroom. New York: Prentice Hall Inc, 1980.

Houston, W. R. Exploring Competency Based Education. California: Mr Cutrhan Publising Corpartion, 1997.

Lase, Delipiter, and Etty Destinawati Hulu. “Korelasi Kompetensi Guru PAK SMA Negeri Se-Jakarta Dengan Identitas Sebagai Hamba Tuhan.” E-Journal.Sttikat.Ac.Id, 2019. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i1.24.

Littrell, J. J. A. Coperative Education Book. South Holland: The Goodheart Willcox Company Inc., 1984.

Mulyasa, E. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Munandar, S. C. Utami. Kreativitas Dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif Dan Bakat. Jakarta: Gramedia, 1999.

Mutiasari, Maya. “Penerapan Model Self Organized Learning Environment Untuk Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik.” Correspondencias & Análisis 9, no. 15018 (2021): 1–23.

Oktavianti, Nelci, Sutrisno Sutrisno, and Bobby Kurnia Putrawan. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.” E-Journal.Sttikat.Ac.Id 3, no. 2 (2020): 68–92. https://doi.org/10.52220/sikip.v3i2.147.

Rogers, C. R. Toward a Theory of Creavity A Selected Reading. Harmodswort Middlesex: Pingin Books, 1980.

Sanjaya, Wina. Pembelajaran Dalam Implementasi Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenata Media Grup, 2005.

Simanjuntak, Ika Widyasari, and Talizaro Tafonao. “Urgenitas Dalam Menerapkan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Bagi Orang Dewasa Di Gereja.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 85–100. https://doi.org/10.54170/harati.v1i1.34.

Siregar, Yulinda. “Kompetensi Guru Dalam Bidang Strategi Perencanaan Dan Pembelajaran Matematika.” Journal.Lppmunindra.Ac.Id 3, no. 1 (2013): 39–48. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/114.

Situmeang, Diana Martiani. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru PAK Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipoholon.” Jurnal Pionir LPPM 6, no. 1 (2020): 171. http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/pionir/article/view/1090.

Togatorop, Kavolder. “Pengaruh Pendidikan Agama Kristen Di Tengah Pandemi Covid-19 Terhadap Preastasi Belajar Siswa Kristen Kelas VIII SMP Era Utama Pancur Batu Deli Serdang” 5 (2022): 1–23.

Widiyanto, Mikha Agus, and I Putu Ayub Darmawan. “Pengaruh Kompetensi Dan Kepuasan Mengajar Terhadap Prestasi Kerja Guru Agama Kristen.” Ejournal.Uksw.Edu, no. 6: 179–87. Accessed November 7, 2023. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/2759.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 The Messengers: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.