Implementasi Kedisiplinan Dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Ibrani 12: 1-17
Abstract
Guru sebagai pelaku utama dalam penerapan program pendidikan di sekolah memiliki peranan yang sangat strategis dalam mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Guru dipandang sebagai penentu dalam proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah. Mengingat peranannya yang sangat penting, maka guru dituntut untuk memiliki pemahaman dan kemampuan secara komperehensif tentang kompetensinya sebagai pendidik. Disiplin tidak hanya berlaku kepada siswa akan tetapi kedisiplinan juga berlaku kepada guru, setiap guru harus mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh sekolah dan bertanggung jawab atas tugasnya. Kedisiplinan guru sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran karena apabila guru kurang disiplin dalam mengajar maka para siswa juga akan kurang disiplin dalam belajar, siswa akan mengikuti apa yang diperbuat oleh guru. Oleh sebab itu, melalui penelitian ini, diharapkan, Pertama, guru tidak sering datang terlambat sekolah dan masuk dalam kelas. Kedua, tidak ada lagi guru yang kurang memperhatikan teguran yang disampaikan kepala sekolah. Ketiga, tidak ada lagi pelanggaran yang timbul dari peserta didik seperti terlambat datang di sekolah dan melakukan keributan dalam kelas.
Teachers as the main actors in implementing educational programs in schools have a very strategic role in achieving the expected educational goals. Teachers are seen as determinants in the learning process that takes place in schools. Given its very important role, teachers are required to have a comprehensive understanding and ability about their competence as educators. Discipline does not only apply to students but discipline also applies to teachers, every teacher must comply with the rules that have been made by the school and be responsible for their duties. Teacher discipline is very influential on the learning process because if the teacher is less disciplined in teaching, the students will also be less disciplined in learning, students will follow what the teacher does. Therefore, through this research, it is hoped that, first, teachers do not often come late to school and enter class. Second, there are no more teachers who pay less attention to the warning given by the principal. Third, there are no more violations that arise from students such as arriving late at school and making noise in class.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dien Sumiyatiningsih, Teladan Kehidupan, (Yogyakarta: ANDI, 2006),138.
Surya, Belajar dan Pembelajaran: Dilengkapi Dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelaran (Yogyakarta: Deepublish, 2017),13
Zaluchu, Sonny Eli. 2020. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 4(1):28–38
Syaiful Sagala,Kemampuan professional Guru dan Tenaga Kependidikan,Bandung:Alfabeta,2009,164.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya(Jakarta: Rineka Cipta, 2010), 2.
Dedi Mulyasa, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011), 155.
Syaiful Bahri Jamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar(Bandung: Rineka Cipta, 1997), 50.
Saiful Sagala, Kemampuan Profesiona Guru dan Tenaga Kependidikan (Bandung: Alfabeta, 2009), 21.
Yamin Martinis, Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP (Jakarta:Gaung Persada:2011),97.
Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2001), 39.
Sunarto dan Ny. B. Agung Hartono, Perkembangan Peserta Didik (Jakarta: Gramedia, 2002), 181.
Sardiman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar( Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2014), 111.
Sidjabat, Membangun Pribadi Unggul( Yogyakarta : Yayasan ANDI, 2011), 136.
http://yunifirwinda.blogspot.com/2014/11/materi-pembelajaran.html
Mukmin, Perencanaan Pengajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), 52.
Nana Syaodih dan R. Ibrahim, Perencanaan Pengajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), 100.
Sobry Sutikno, Metode dan Model Pembelajaran (Lombok: Holistica, 2014), 33-34.
Oemar Hamalik, Media Pendidikan (Bandung: Citra Aditya Bakti, 1994), 6.
Azhar Arsyad, Media Pengajaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000), 2.
Shiphy Aflattresna Octavia, Sikap Dan Kinerja Guru Profesional, (Yogyakarta: Budi Utama,2019), 82
Undang-Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Superlan. Guru sebagai Profesi.Yogyakarta; Hikayat Pulishing
Syaodih, Menjadi Guru Profesional (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007), 13.
Usman Nurdin, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum (Bandung: CV Sinar Baru, 2002), 8.
Peraturan pemerintah RI No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Jejen Mustah, peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik (Jakarta: Kencana Predana Media Group, 2011),hlm.30
Glenn Langford, Teaching As a Profession An Essy In The Philosophy Of Education (Published by Manchesster University Press, 1978), hlm.5
Muhammad Busro, Teori-teori MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA, (Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP, 2018), 127
Elex Media Komputindo, The 21 Principles to Build and Develop Fighting Spirit ( Jakarta:PT Elex Media Komputindo, 2004), 50
Imam Al Baihagi, Syarah 77 Cabang Imam ( BEKASI: PT DARUL FALAH, 2013), 307
Highet, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan (Bandung:Grasindo, 2007), 155
Pupu Saeful dan Rahmat, Strategi Belajar Mengajar (Surabaya:Scopindo Media Pustaka, 2019), 4
Pdt. Dr. Ulrich Beyer dan Pdt. Evalina Simamora. S. Th, Memberi dengan Sukacita. Jakarta: Gunung Mulia, 2008,hlm. 153
Fribreg, “Bible Works7,” dalam Greek Lexicon
Barclay,‘’Bible Works7,’’dalam Greek-English Distionary
Thayer, “Bible Works7,” dalam Greek English Lexicon of the NT
Sabda 4,CD-ROM
Yayasan Pelayanan Media Antiokhia, Tabloid Reformata ( Jakarta: Yayasan Pelayanan Media Antiokhia, 2005), 27.
Charles F. Pffeiffer, Tafsiran Alkitab Wyclife:Volume 3 Matius-Wahyu, (Malang:Gandum Mas, 2013), 1265
Rifai, Superioritas Kristen dalam Kitab Ibrani: Mengungkapkan Kitab Ibrani ( Yoyo Topten Exacta, 2019), 316.
Fribreg, “Bible Works7,” dalam Greek Lexicon
Barclay,‘’Bible Works7,’’dalam Greek-English Distionary
Thayer, “Bible Works7,” dalam Greek English Lexicon of the NT
Robert W. Pazmino, Fondasi Pendidikan Kristen, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2012, hlm. 193
Dr. Robert G. Bratcher dan Dr. Eugene A. Nida, Surat-surat Paulus kepada Jemaat di Kolose dan kepada Filemon, Yayasan Karunia Bakti Budaya Indonesia: 2019. 37
Robert R. Boehlke, Ph. D, Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2006, hlm. 340
Louw-Nida, “Bible Work7,” dalam Greek English-Lexicol Of The NT
Pdt. Dr. Ulrich Beyer dan Pdt. Evalina Simamora. S. Th, Memberi dengan Sukacita. Jakarta: Gunung Mulia, 2008,hlm. 153
Dianne Bergant, CSA dan Robert J. Karris, OFM, Tafsir Alkitab Perjanjian Baru, KANISIUS; Yogyakarta, 2002, Hlm. 448
Pdt. Dr. Ulrich Beyer dan Pdt. Evalina Simamora. S. Th. Memberi dengan Sukacita, BPK Gunung Mulia, Jakarta,2
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 The Messengers: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.