Upaya Guru Dalam Meningkatkan Daya Belajar Siswa Di Kelas Vi Sd Negeri Semolowaru Surabaya
Abstract
Through the process of teaching and learning students can be level candengan teacher efforts to provide better learning power to students. This research reveals the efforts of teachers in improving student learning power, and student learning activities, the ability of teachers to improve learning power and also the response of student learning in class VI of SD Negeri Semolowaru Surabaya. This study aims to improve student learning power, determine student learning activities, the ability of teachers to improve learning power, and also determine student learning responses in class VI of SD Negeri Semolowaru Surabaya. The subjects of this study were 15th grade students of Semolowaru State Elementary School Surabaya, 15 students. This type of research is descriptive using a qualitative approach. Data collection was carried out through observation techniques and student response questionnaires. Based on the results of the study, teachers' efforts to improve student learning power get maximum results with the knowledge of student learning for the better. The results of the teacher's ability show that the teacher has been able to provide an understanding in the teaching and learning process of each subject, and can improve student responses when obtaining lessons learned through question and answer conducted by each teacher.
Melalui proses belajar mengajar siswa dapat ditingkat kandengan upaya guru dalam memberikan daya belajar yang lebih baik kepada siswa. Penelitian ini mengungkapkan upaya guru dalam meningkatkan daya belajar siswa, dan aktivitas belajar siswa, kemampuan guru dalam meningkatkan daya belajar dan juga respon belajar siswa di kelas VI SD Negeri Semolowaru Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya belajar siswa, mengetahui aktivitas belajar siswa, kemampuan guru dalam meningkatkan daya belajar, dan juga mengetahui respon belajar siswa di kelas VI SD Negeri Semolowaru Surabaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Semolowaru Surabaya sebanyak 15 siswa. Jenis penelitian ini Deskritif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui Teknik observasi dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian, upaya guru dalam meningkatkan daya belajar siswa mendapatkan hasilyang maksimal dengan adanya pengetahuan belajar siswa menjadi lebih baik. Hasil kemampuan guru menunjukkan bahwa guru telah dapat memberikan pemahaman dalam proses belajar mengajar dari setiap mata pelajaran yang ada, serta dapat meningkatkan respon siswa saat memperoleh pelajaran dengan diketahui melalui tanya jawab yang dilakukan oleh masing-masing guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zaenal. Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Bandung: Yrama Widya. 2009
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
Moleong, LexyJ. Metodelogi Penelitan Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2007.
Soekartawi. Meningkatkan Efektivitas Mengajar.Jakarta: Pustaka Jaya. 1995.
Sahabuddin. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM. 2007.
Susilo,H.,Chotimah,H.,Joharmawan,R.,Jumiati.,Sari,Y.D.,dan Sunarjo. Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Bayumdeia publishing. 2009.
Suparman.S. Gaya Belajar Yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher. 2010.
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 pasal (39) ayat 1 dan 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Peraturan Pemerintah (PP) RI Nomor 19 ayat 1 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional (SPN)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 The Messengers: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.